Sabtu, 29 November 2008

ARTIKEL - ABSTRAK

Abstrak - Pada saat ini, dunia ilmu pengetahuan memerlukan inovasi-inovasi seperti pengukuran jumlah sel darah merah. Analisis yang dilakukan oleh dokter berdasarkan preparat darah tidak selalu sama antara dokter yang satu dengan dokter yang lain. Ketelitian dan konsentrasi dokter sangat menentukan hasil analisis. Di lain pihak analisis preparat darah tepi tidak menghasilkan bukti citra sehingga tidak dapat dianalisis oleh banyak dokter. Oleh karena itu perlu dibuat suatu alat yang dapat menghitung jumlah sel pada suatu citra secara cepat dan terautomatisasi, sehingga diperoleh analisis dan bukti yang akurat.

Analisis citra merupakan salah satu metode dalam pengolahan citra digital. Proses prapengolahan citra digital dimulai dari akuisisi data citra, penghapusan derau, pengambangan, penyapuan, hingga citra siap untuk dianalisis. Analisis citra yang dilakukan dalam hal ini adalah pencacahan jumlah sel darah merah.

Program yang dibuat memiliki kemampuan untuk mengenali citra, menambahkan derau, menghapus derau, mereka-ulang (rekonstruksi), mengambangkan dan menyapu objek yang tidak diinginkan.

Abstrak - Penyaluran daya listrik yang ideal pada umumnya menggunakan frekuensi tunggal dan konstan serta pada tegangan tertentu. Harmonisa adalah tegangan atau arus yang sinusoidal dengan frekuensi yang merupakan kelipatan dari frekuensi fundamental dari sistem tenaga. Peralatan listrik yang merupakan beban tidak linear, menimbulkan arus yang tidak linear, dan arus ini akan menginterferensi jaringan listrik.

Abstrak - Perancangan sistem kendali dengan menggunakan cara konvensional diperlukan data mengenai parameter plant. Pada sebagian besar motor dc, tidak diketahui nilai parameternya, sehingga perancangan kendali konvensional akan mengalami kesulitan. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan perancangan sistem kendali yang tidak memerlukan data parameter plant. Teknik kontrol adaptive merupakan salah satu metode perancangan kendali dengan tanpa harus mengetahui parameter plant. Pada metode kontrol adaptive self-tuning regulator terdapat mekanisme pengadaptasian yang digunakan untuk mengetahui parameter motor dc dengan cara estimasi. Estimasi dilakukan secara terus menerus terhadap parameter plant. Pada perancangan teknik kontrol adaptive Self-Tuning Regulator dengan menggunakan algoritma Least-Mean Squares sebagai estimator dan algoritma Pole Placement sebagai kontroller, respon sistem setelah mengalami pengadaptasian lebih cepat mencapai keadaan tunak. Penggunaan algoritma Least-Mean Squares dapat mempercepat respon sistem dan menghilangkan adanya overshoot. Respon sistem dengan bobot setelah mengalami pengadaptasian tidak terpengaruh oleh adanya pembebanan.

Abstrak - Transformator digunakan secara luas, baik dalam bidang tenaga listrik maupun elektronika. Pengguaan dalam sistem tenaga memungkinkan dipilihnya tegangan yang sesuai dan ekonomis untuk tiap-tiap keperluan.

Dalam bidang elektronika, transformator digunakan antara lain sebagai gandengan impedansi antara sumber dan beban, untuk memisahkan satu rangkaian dengan rangkaian yang lain.

Agar memperoleh hasil perancangan yang baik dan memuaskan diperlukan perancangan dengan menggunakan program Bantu komputer. Perancangan dengan menggunakan program bantu komputer ditujukan untuk mengganti perancangan yang dilakukan secara manual sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga. Program Bantu yang digunakan adalah borland delphi 6.

Abstrak - Perkembangan teknologi komputer dan jaringan yang sedemikian cepat baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak secara langsung telah merubah paradigma pengendalian proses dan mesin yang umum dijumpai di industri modern. Dengan teknologi jaringan yang dikenal Jaringan bus I/O, pengendalian system skala besar dengan sejumlah peralatan yang tersebar secara geografi dapat dilakukan dengan biaya yang relative murah.

Abstrak - Dengan perkembangan DSP (Digital Signal Processing) yang dapat mensintesis penjumlahan sinyal termodulasi dengan akurat, maka Modulasi Multicarrier selalu sukses dilaksanakan pada dasawarsa terakhir ini. Hal ini karena kendala sulitnya mengatur spasi subkanal yang berukuran sama dapat diatasi. Salah satunya adalah penggunaan IFFT/FFT sebagai modulator/demodulator yang menggantikan fungsi sejumlah besar osilator pada ranah waktu kontinu. Subcarrier pada IFFT/FFT ini memiliki frekuensi harmonisa kelipatan bulat dari frekuensi dasarnya seperti halnya komponen deret Fourier pada sinyal komposit. Hal ini memenuhi syarat orthogonal yang diperlukan pada sistem OFDM. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi sistem dengan nilai SNR yang bervariasi, kenaikan cacah bin IFFT/FFT cenderung menurunkan tingkat kesalahan bit. Begitu juga dengan menggunakan modulasi digital DPSK dihasilkan unjuk-kerja yang lebih baik dibandingkan dengan DQPSK pada tingkat SNR yang sama.

Abstrak – Dukungan Infrastruktur Jaringan Komputer di Teknik Elektro Undip sangat memicu untuk dikembangkannya fasilitas-fasilitas layanan kepada mahasiswa. Selain Sistem Informasi Akademik, maka hal yang telah menjadi tuntutan di perkuliahan adalah penyediaan sarana belajar-mengajar / perkuliahan. Riset terbaru menyebutkan bahwa mahasiswa sekarang menuntut lebih banyak “waktu yang berkualitas” untuk bisa berdiskusi dan membantu pemahaman dalam perkuliahan. Tatap muka di kelas menjadi tidak cukup untuk memenuhi waktu yang berkualitas itu. Salah satu alternatif adalah dikembangkannya sistem e-learning yang bisa memberi lebih banyak waktu dan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa berdiskusi. E-learning adalah sebuah proses pembelajaran dimana penyampaian materi, diskusi, dan lain-lain kegiatan perkuliahan di lakukan melalui media elektronik. Sistem e-learning yang dikembangkan adalah berbasis web, sehingga sistem e-learning ini disebut Internet Enabled Learning. Sampai sejauh ini sistem e-learning yang dikembangkan di jurusan Teknik Elektro sudah pada tahap implementasi dan uji coba. Sistem e-learning telah diuci coba pada beberapa kegiatan perkuliahan, diantaranya training internet mahasiswa baru, kuliah bahasa-bahasa komputer semester pendek, dan pada semester genap 2004/2005 ini sistem e-learning juga ditawarkan pada mata kuliah Jaringan Komputer (ekstensi) dan Teknik Kompilasi Reguler.

Hasil beberapa uji coba itu telah memberikan banyak masukan untuk perbaikan sistem.

Abstrak - Banyak desain arsitektur mesin yang dimunculkan dan mesin yang diproduksi, dan akan memunculkan pula macam-macam keuntungan atau kerugian yang dihasilkan. Seperti yang ada dalam desain arsitektur komputer. Pada desain arsitektur komputer terdapat berbagai macam mekanisme yang terjadi, salah satunya adalah mekanisme memori virtual.

Mekanisme memori virtual di buat agar sebuah mesin yang mempunyai sistem operasi dapat berjalan secara efisien tanpa mengurangi salah satu faktor keuntungannya.

Paper ini membahas teknologi mekanisme memori virtual. Dan memaparkan desain manajemen memori pada tiga mikroarsitektur ,yaitu MIPS, PowerPC dan x86. Disini ditunjukkan keberagaman dukungan memori virtual pada sistem operasi dan secara pengertian bagaimana keberagaman ini dapat memunculkan kesulitan atau memberikan kemudahan pada sistem operasi.

Detail spesifik dari sebuah arsitektur manajemen memori prosesor tidak begitu memberikan keuntungan performa antara satu dengan yang lainnya. Karena inkompatibilitas membuat aplikasi dan sistem operasi lebih sulit dijalankan. Sesungguhnya sebuah sistem dibangun lebih sering menggunakan bagian kecil subset dari fungsi yang komplit dari unit manajemen memori sehingga lebih mudah diatur.

Secara de facto standar yang ada pada arsitektur memori virtual Intel x68 tidak dapat disaingi, Karena x86 memberikan berbagai kebutuhan fungsi yang modern. Arsitektur baru yang muncul mungkin akan menggunakan standar x86 walaupun tidak sepenuhnya.

Ukuran cache yang terus bertambah, memungkinkan manajemen memori hardware dihilangkan. Jika sebuah sistem membutuhkan indeks virtual yang besar, hirarki virtual cache maka tnsalasi alamat hardware tidak akan begitu diperlukan. Caches virtual tidak membutuhkan translasi alamat ketika data ditemukan di dalam cache dan jika cache cukup besar maka tidak perlu mencari di dalam memori utama. Sebagai ganti penggunaan hardware maka sistem operasi dapat berfungsi sebagai memori virtual-termasuk translasi alamat dan proteksi-sehingga menghasilkan penambahan fleksibilitas dan kesederhanaan pekerjaan software.

Abstrak – Penelitian ini membahas sistem klasifikasi sidikjari. Citra sidikjari diproses awal dengan transformasi wavelet sehingga menghasilkan multiresolusi dari citra aslinya. Penggunaan transformasi wavelet ini dimotivasi oleh adanya hasil penelitian tentang transformasi wavelet yang mempunyai kemampuan memunculkan (feature) khusus pada citra yang diteliti.

Transformasi wavelet di sini digunakan selain sebagai metode ekstraksi ciri juga sekaligus mereduksi dimensi citra masukan. Citra tereduksi selanjutnya diproses untuk klasifikasinya.

Pengenalan dan klasifikasi dengan menerapkan jaringan syaraf tiruan Learning Vector Quantizations (LVQ) mengelompokkan sidikjari ke salah satu pola utama sidikjari (whorl, left loop, right loop, arch, dan tented arch). Sebagai basis masukan jaringan syaraf, digunakan citra ukuran 16x16, yang kemudian dianalisis juga pengaruh besarnya dimensi vektor masukan terhadap unjukkerja pengenalan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjukkerja pengenalan meningkat cukup signifikan untuk masukan dengan dimensi yang lebih besar (64x64) dibandingkan dengan masukan yang lebih kecil (32x32 dan 16x16). Pengenalan dengan ekstraksi ciri wavelet Daubechies meningkatkan unjukkerja sebesar 1% dibandingkan dengan wavelet Haar.


Tidak ada komentar: